Kamis, 14 Januari 2010

Arti Riset Operasi

Kata operations dapat diidentifikasikan sebagai tindakan-tindakan yang diterapkan pada beberapa masalah atau hipotesa. Sementara kata research adalah suatu proses yang terorganisasi dalam mencari kebenaran akan masalah atau hipotesa tadi. Kenyataannya akan sulit mendefinisikan riset operasi, terutama karena batasan-batasannya yang tak jelas. OR memiliki bermacam-macam penjelasan, namun hanya beberapa yang biasa digunakan dan diterima secara umum. Pengertian riset operasi diantaranya adalah:

Definisi 1:

Riset operasi adalah penerapan metode-metode ilmiah terhadap masalah-masalah rumuit yang muncul dalam pengarahan dan pengolahan dari suatu system besar manusia, mesin, bahan dan uang dalam industry, bisnis, pemerintahan dan pertahanan.

Definisi 2:

Riset operasi berkaitan dengan menentukan pilihan secara ilmiah bagaimana merancang dan menjalankan system manusia-mesin secara terbaik, biasanya membutuhkan alokasi sumberdaya yang langka.

Definisi 3:

Riset operasi adalah seni memberikan jawaban buruk terhadap masalah-masalah, yang jika tidak memiliki jawaban yang lebih buruk.

Definisi 4:

Riset operasi adalah pendekatan dalam pengambilan keputusan yang ditandai dengan penggunaan pengetahuan ilmiah melalui usaha kelompok antar disiplin yang bertujuan menentukan penggunaan terbaik sumberdaya yang terbatas.

Definisi 5:

Riset operasi, dalam arti luas, dapat diartikan sebagai penerapan metode-metode, teknik-teknik dan alat-alat terhadap masalah-masalah yang menyangkut operasi-operasi dari system, sedemikian rupa hingga memberikan penyelesaian optimal.

referensi:
Ayu, Media Anugrah. Pengantar riset operasional. Seri diklat kuliah. Universitas Gunadarma. 1993

Tidak ada komentar: