Kamis, 14 Januari 2010

Sejarah Singkat Riset Operasi

Dorongan awal munculnya kegiatan riset operasi adalah perang dunia II. Istilah riset operasi akibat dari “riset operasi militer” yang dilakukan selama perang tersebut. Kelompok ahli-ahli disiplin ilmu disatukan untuk menganalsis berbagai masalah operasi militer. Istilah riset operasi baru ditemukan setelah perang dunia II, tetapi sebenarnya pendekatan-pendekatan ilmiah yang digunakan sebagian telah diciptakan sebelumnya, yaitu seperti hasil kerja Taylor dan Gantt.

Kesuksesan riset operasi dalam perang dunia II menarik industry pasca perang di Inggris dan Amerika untuk menerapkan dalam pemecahan masalah manajerial dan operasional yang dialami. Salah satu perkembangan riset operasi pasca perang yang cukup terkenal adalah temuan salah satu metode riset operasi oleh George Dantzig dengan temuannya yang berupa pengembangan pemprograman linier yang merupakan metode riset operasi yang sangat luas hingga disebut “bapak pemprograman linear”. Selain itu dibidang statistika pengendalian mutu, pemprograman dinamis, analisis queue, dan pengendalian persediaan.

Riset operasi saat ini mencangkup penyempurnaan terhadap metoda yang telah ada dan juga penemuan-penemuan teknik analisis baru seperti, pemprograman geometris, simulasi dan goal programming. Sebagian besar masalah yang dipecahkan dengan teknik riset operasi biasanya berskala besar dan memerlukan perhitungan yang berulang-ulang untuk menganalisisnya. Hal ini sangat melelahkan bila diselesaikan secara manual, sehingga ketergantungan perkembangan riset operasi terhadap perkembangan computer tidak dapat dispelekan.


referensi:

Ayu, Media Anugrah. Pengantar riset operasional. Seri diklat kuliah. Universitas Gunadarma. 1993.

Tidak ada komentar: